Peningkatan Kapasitas Kader BKKBN Dalam Pemanfaatan Sistem Informasi Keluargaku Untuk Masyarakat Di Provinsi Riau

  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Politeknik Caltex Riau
Keywords: BKKBN, Riau, PUSYANRA, Keluargaku

Abstract

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki salah satu unit kerja yaitu Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PUSYANRA) yang memiliki beberapa jenis pelayanan, yaitu layanan informasi kependudukan, layanan konseling keluarga balita dan anak, layanan keluarga remaja dan remaja, layanan konseling pranikah, layanan konseling keluarga harmonis, layanan konseling kb dan kesehatan repoduksi, layanan konseling keluarga lansia dan lansia, serta pembinaan usaha ekonomi keluarga . Jenis layanan ini sangat erat dengan masyarakat, sehingga BKKBN melalui PUSYANRA membutuhkan inovasi strategi komunikasi kepada masyarakat. Untuk itu BKKB Provinsi Riau melalui PUSYANRA Lancang Kuning merilis Sistem Informasi Keluargaku. Namun dibutuhkan juga peningkatan kapasistas kader dalam pemanfaatan sistem yang sudah disiapkan. Untuk itu melalui pengabdian masyarakat ini, peningkatan kader dilakukan dalam bentuk diskusi terpumpun, seminar dan workshop. Metode yang dipilih disesuaikan permintaan dan kebutuhan BKKBN Provinsi Riau. Sehingga luaran dari pengabdian ini adalah 5 hal, meliputi: materi seminar, materi bahan workshop, kegiatan diskusi terpumpun, seminar dan workshop. Berdasarkarkan hasil evaluasi yang diperoleh setelah seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan diperoleh bahwa: teamwork pelaksana dan koordinasi bersama mitra sangat baik sehingga menginsiasi kerjasama antar dua institusi, peningkatan akses terhadap sistem informasi Keluargaku dan ide pengembangan keberlanjutan kerjasama.

References

BKKBN. (2020). Tugas Pokok dan Fungsi. Retrieved from https://www.bkkbn.go.id/pages-tugas-pokok-dan-fungsi-2012044810-466
Fachrisa, M. P. N., Kurniawati, N. K., & Nesia, A. (2020). Strategi Komunikasi BKKBN Provinsi Banten Dalam Menanggulangi Stunting di Desa Bayumundu, Pandeglang. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 49–55. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7767
Faidha, F. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (Pkb) Di Bkkbn Propinsi Sulawesi Tenggara. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 23–39. https://doi.org/10.35326/kybernan.v1i1.581
Harahap, E. N. (2019). Pembimbingan dan Pembinaan BKKBN dalam Bidang Keluarga Berencana di Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/6880/1/SKRIPSI ERFINA.pdf
Keluargaku. (2020). Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Lancang Kuning. Retrieved from https://keluargaku.or.id/tentang
Kumar, N., & Sharma, S. (2017). Survey Analysis on the usage and Impact of Whatsapp Messenger. Global Journal of Enterprise Information System, 8(3), 52. https://doi.org/10.18311/gjeis/2016/15741
Pradana, D., & Ariyadi, T. (2022). Perancangan Sistem Informasi Duta Genre Sumatera Selatan Berbasis Web Pada BKKBN Sumatera Selatan. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Vokasi (Semhavok), 68–74. UNiversitas Bina Darma.
Rejeki, D. S., Aminudin, A., Wibowo, A. P. W., Agustine, M., Wahyuni, H. S., & Abinowi, E. (2022). Pendampingan Pengembangan Perpustakaan Digital Perwakilan BKKBN Jawa Barat. Jurnal Inovasi Masyarakat, 02(01), 35–43. Retrieved from http://journal.widyatama.ac.id/index.php/JIM/article/view/866
Simanjuntak, N. H. F., & Yeni, A. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Kerja Pegawai Pada BKKBN Provinsi Sumatera Utara. Akmami (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi), 3(2), 319–324.
Susanti, H. A. (2015). Strategi Komunikasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Jurnal ASPIKOM, 2(4), 243. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.75
Tamara, E. Y. D. (2022). Evaluasi Kualitas Website BKKBN Provinsi Jawa Timur. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Trisnadoli, A. (2021). Implementasi Extreme Programming (XP) Agile Software Development pada Pengembangan Sistem Informasi KELUARGAKU. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(2), 305–311. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika305
Utami, D. D. Y. (2015). Penyuluhan Program BKKBN Mengenai Generasi Berencana ( GenRe ) dan Sikap Remaja. Jurnal Simbolika, 1(2), 199–210.
Yudhi Dwi Fajar Maulana. (2021). Perubahan Topik Media Tentang Program Berencana Pascarebranding Bkkbn: Pendekatan Pemodelan Topik Digital. Jurnal Keluarga Berencana, 6(2), 10–20. https://doi.org/10.37306/kkb.v6i2.76
Published
2024-02-05
How to Cite
Indah Lestari, & Anggy Trisnadoli. (2024). Peningkatan Kapasitas Kader BKKBN Dalam Pemanfaatan Sistem Informasi Keluargaku Untuk Masyarakat Di Provinsi Riau. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 9-16. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v5i1.937